Regresi Berganda



SOAL
Seorang Manajer Pemasaran detergen merk “ATTACK” ingin mengetahui Apakah Promosi dan Harga berpengaruh terhadap keputusan konsumen yang membeli produk tersebut?
HIPOTESIS
H0: Promosi dan Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli detergen merk “ATTACK”.
H1  :  Promosi dan Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli detergen merk “ATTACK”.
DATA KASUS
No. Responden
Promosi (X1)
Harga (X2)
Keputusan Konsumen (Y)
1
10
7
23
2
2
3
7
3
4
2
15
4
6
4
17
5
8
6
23
6
7
5
22
7
4
3
10
8
6
3
14
9
7
4
20
10
6
3
19
Jumlah
60
40
170
PENYELESAIAN
Dengan tahapan analisis yang telah dilakukan menggunakan SPSS, maka output yang dihasilkan dapat di interpretasikan sebagai berikut :
Pada kasus ini, dimodelkan hubungan antara variabel bebas Keputusan Konsumen terhadap sebuah produk dengan variabel-variabel bebas : Promosi (X1) da Harga (X2), Dalam pengujian :
𝐻0 : 𝛽1 = 𝛽2 = 0
𝐻1 : 𝛽1 = 𝛽2 ≠ 0
Diperoleh tabel ANOVA sebagai berikut :
ANOVAb
Model
Sum of Squares
df
Mean Square
F
Sig.
1
Regression
227.512
2
113.756
17.899
.002a
Residual
44.488
7
6.355


Total
272.000
9



a. Predictors: (Constant), Harga, Promosi
b. Dependent Variable: Keputusan Konsumen
Dari tabel tersebut, diketahui bahwa nilai sig untuk pengujian ini adala 0,000. Dengan mengambil taraf nyata 0,05, diperoleh bahwa nilai sig = 0.002 < 0.05, sehingga diputuskan untuk menolak H0 dan disimpulkan bahwa pada taraf nyata 5%, paling tidak satu variabel bebas berpengaruh terhadap keputusan konsumen.
Selanjutnya, akan ditentukan variabel mana yang berpengaruh nyata terhadap keputusan konsumen tersebut. Untuk itu, perhatikan tabel koefisien berikut :
Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
T
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
3.919
2.418

1.621
.149
Promosi
2.491
.703
1.024
3.544
.009
Harga
-.466
1.016
-.133
-.459
.660
a. Dependent Variable: Keputusan Konsumen
Masing-masing nilai yang ditampilkan pada kolom terakhir setiap baris pada tabel tersebut adalah nilai sig yang digunakan untuk menguji pengaruh dari setiap variabel bebas terhadap variabel terikat yang dinyatakan dalam hipotesis :
𝐻0 : 𝛽𝑗= 0  𝑗 = 1, 2
𝐻1 : 𝛽j ≠ 0
Dari tabel tersebut, dapat diketahui bahwa nilai sig selalu lebih kecil dari nilai taraf nyata yang diambil, yakni sebesar 0,05. Oleh karena itu, H0ditolak dan disimpulkan bahwa semua variabel bebas berpengaruh terhadap jumlah barang yang diminta.
Pada tabel tersebut juga dapat diperoleh informasi mengenai model regresi yang menggambarkan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan variabel-variabel yang mempengaruhinya, yang dinyatakan dalam persamaan :
ŷ = 3,919 + 2,491𝑥1 – 0,466𝑥2
Model ini dapat diinterpretasikan sebagai berikut :
a.       Nilai b1 = 2,491 berarti bahwa setiap kenaikan promosi sebesar $1, maka keputusan konsumen untuk membeli detergen merk “ATTACK” akan bertambah sebesar 2,491.
b.      Nilai b2 = - 0,466 berarti bahwa setiap kenaikan harga barang sebesar $1, maka keputusan konsumen untuk membeli detergen merk “ATTACK” akan berkurang sebesar 0,466.
Nilai koefisien determinasi bagi model ini adalah R2 = 0,836, yang berarti bahwa sekitar 83,6% dari total keragaman keputusan konsumen dalam membeli produk tersebut mampu dijelaskan oleh variabel-variabel yang dilibatkan dalam model regresi tersebut. Dari tingginya nilai koefisien determinasi ini, dapat disimpulkan bahwa model yang dibentuk ini cukup baik.
Selanjutnya dilakukan pemeriksaan terhadap asumsi regresi linier. Dari hasil pengujian Kolmogorov Smirnov, diperoleh nilai statistik uji 0,168 dengan nilai sig sebesar 0,200. Jika digunakan nilai α = 0,05, maka diperoleh nilai sig > α , sehingga diputuskan untuk menerima H0 yang berarti bahwa pada taraf nyata 5%, disimpulkan bahwa sisaan menyebar menurut sebaran normal, sebagaimana yang dinyatakan pada H0. Hasil pengujian tersebut didukung oleh plot normal sisaan yang digambarkan sebagai tebaran titik yang mendekati sebuah garis lurus.

Case Processing Summary

Cases
Valid
Missing
Total
N
Percent
N
Percent
N
Percent
Standardized Residual
10
100.0%
0
.0%
10
100.0%

Tests of Normality

Kolmogorov-Smirnova
Shapiro-Wilk
Statistic
df
Sig.
Statistic
df
Sig.
Standardized Residual
.168
10
.200*
.931
10
.455
a. Lilliefors Significance Correction
*. This is a lower bound of the true significance.







 












Berikutnya dilakukan pengujian terhadap asumsi homoskedastisitas dengan menggunakan uji Glejser, dan diperoleh hasil sebagai berikut :
Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
B
Std. Error
Beta
1
(Constant)
1.053
1.187

.887
.404
Promosi
.274
.345
.537
.793
.454
Harga
-.223
.499
-.302
-.446
.669
a. Dependent Variable: ABS_RES
Dari hasil diatas dapat diketahui bahwa variabel promosi dan harga, tidak berpengaruh terhadap nilai absolut dari sisaan, disimpulkan dari nilai sig > 0,05.
Berikutnya dilakukan pemeriksaan terhadap kebebasan. Dalam kasus ini, pemeriksaan kebebasan merupakan pemeriksaan yang perlu dilakukan, karena data yang digunakan adalah data yang terurut berdasarkan nomor responden. Pemeriksaan kebebasan dilakukan dengan menggunakan uji Durbin Watson. Maka setelah dianalisis menggunakan SPP diperoleh hasil sebagai berikut :
Model Summaryb
Model
R
R Square
Adjusted R Square
Std. Error of the Estimate
Durbin-Watson
1
.915a
.836
.790
2.521
1.516
a. Predictors: (Constant), Harga, Promosi
b. Dependent Variable: Keputusan Konsumen
Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan nilai tabel Durbin Watson. Untuk k = banyak variabel = 2 dan α = 0,05, diperoleh nilai tabel DU = 1,516.
Terakhir adalah untuk memeriksa terjadinya multikolinier antar variabel, hasilnya adalah sebagai berikut :
Coefficientsa
Model
Unstandardized Coefficients
Standardized Coefficients
t
Sig.
Collinearity Statistics
B
Std. Error
Beta
Tolerance
VIF
1
(Constant)
3.919
2.418

1.621
.149


Promosi
2.491
.703
1.024
3.544
.009
.280
3.576
Harga
-.466
1.016
-.133
-.459
.660
.280
3.576
a. Dependent Variable: Keputusan Konsumen
Dari tabel diketahui nilai VIF untuk setiap variabel bebas kurang dari 10, sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas.


Posting Komentar

0 Komentar