Pentingnya E-commerce Bagi Perusahaan Ekpor Impor

Tahun ini, menurut eMarketer, satu miliar orang di seluruh dunia akan memiliki akses Internet dan hampir 250 juta rumah tangga akan memiliki broadband. Meskipun, Asia menyumbang 56 persen populasi dunia, namun hanya 10 persen yang memiliki akses ke Internet saat ini.Dengan pesatnya perkembangan ekonomi negara-negara Asia angka ini akan meningkat secara dramatis di tahun-tahun mendatang. Kehadiran Internet di mana-mana ini memaksa perusahaan untuk merangkul Internet sebagai saluran pemasaran dan penjualan secara agresif. Banyak perusahaan telah mengadopsi teknologi berbasis Internet untuk merampingkan proses bisnis penting mereka dan sangat diuntungkan dari hal itu.
Perusahaan Ekspor Impor tidak ada bedanya! Sebagian besar perusahaan impor ekspor menggunakan Internet untuk menambah basis pelanggan, memasuki pasar baru, pesaing penelitian, menemukan produk baru dan mengevaluasi peluang negara. Namun, banyak dari perusahaan yang sama ini masih lamban dalam menerapkan fitur eBusiness dalam aktivitas bisnis sehari-hari mereka dan, sebagai hasilnya, gagal mengumpulkan nilai sebenarnya dari penggunaan Internet. Perusahaan perdagangan - mereka yang masih belum melakukan transaksi bisnis online - harus mengikuti contoh rekan ritel mereka dan menerapkan strategi eCommerce.
Menurut sebuah studi baru-baru ini yang dilakukan oleh Forrester Research, penjualan ritel diperkirakan akan meningkat 20 persen menjadi US $ 211,4 miliar - kenaikan dua kali lipat dari hanya tiga tahun lalu. Entah Anda mengekspor atau mengimpor bisnis, tidak ada bedanya, dengan menggunakan eCommerce dan menambahkan beberapa fungsi eBusiness dasar ke situs web Anda, Anda juga dapat memperoleh keuntungan dari tren ini.
Electronic commerce adalah proses penjualan produk melalui internet. Ada dua segmen eCommerce yang berbeda - Bisnis ke Bisnis dan Bisnis ke Konsumen. Pengecer sebagian besar terlibat dalam B2C dan pedagang ekspor impor seringkali lebih banyak berada di sektor B2B. Itulah mengapa Anda perlu menyadari bahwa komponen eCommerce yang mungkin Anda butuhkan di situs web Anda akan didasarkan pada spesifikasi bisnis Anda. Secara umum, semua situs eCommerce adalah kombinasi dari beberapa fungsi bisnis berikut:
  • Sebuah eCatalog sehingga pembeli bisa melihat-lihat produk yang Anda tawarkan
  • Spesifikasi produk yang memberikan informasi teknis dan pengiriman yang rinci
  • Sebuah fitur yang memungkinkan pengiriman permintaan untuk penawaran online (RFQ)
  • Sistem pemesanan produk - biasanya keranjang belanja
  • Kemampuan untuk melihat status pesanan
  • Mengirimkan pemberitahuan jika produk baru ditambahkan ke katalog yang diminta oleh calon pembeli
  • Setidaknya satu metode pembayaran. Untuk pesanan kecil Anda harus memiliki merchant account.
  • Kemampuan pengiriman pesanan pembelian. Pembeli harus bisa mengirim PO untuk produk yang tersedia atau kontrak yang sudah dinegosiasikan dengan Anda.
  • Sistem penagihan harus menghasilkan faktur secara otomatis
Setelah Anda menerapkan fitur ini, hampir tidak ada pembatasan geografis mengenai tempat Anda dapat menjual produk Anda. Jika Anda adalah perusahaan ekspor, Anda dapat mempertimbangkan untuk menerjemahkan situs eCommerce Anda ke bahasa pasar yang Anda targetkan.
Ini memberi Anda kemampuan ekstra untuk memanfaatkan usaha penjualan Anda.
Manfaat eCommerce
Meningkatkan pendapatan: Dengan menerapkan eCommerce Anda membuka saluran penjualan baru.
Studi menunjukkan, strategi eCommerce yang dipersiapkan dengan baik dapat meningkatkan penjualan dari hanya 10 persen sampai beberapa kali dalam enam bulan pertama pelaksanaannya. Ada kemungkinan ukuran pesanan per pelanggan juga akan meningkat berkat beberapa fungsi eCommerce seperti eCatalog lanjutan, layanan Notifikasi, sistem penyajian status ketertiban dan kemampuan untuk menawarkan produk terkait.
Perluas basis klien: Bergantung pada keterpaparan situs Anda, Anda bisa mendapatkan pelanggan dari setiap penjuru dunia. Anda tidak lagi terbatas pada area geografis manapun.
Jangkau segmen pasar ceruk: Anda dapat memasarkan situs eCommerce Anda dengan pin yang menunjuk segmen pasar tertentu dengan bantuan Internet.
Turunkan biaya operasi: Situs eCommerce Anda akan menghilangkan atau mengurangi beban penjualan dan kekuatan pendukung.Pemasaran di Internet secara signifikan lebih murah daripada di dunia offline. Anda juga akan mendapatkan keuntungan dari biaya telekomunikasi yang lebih rendah, kerugian yang timbul dari kesalahan dokumen, persediaan dan biaya pengelolaan penjualan. Ini akan berdampak langsung pada bottom line perusahaan Anda.
Layanan pelanggan yang lebih baik: Kemampuan untuk memberikan informasi yang menentukan, interaksi real time dengan pelanggan dan fungsi manajemen hubungan pelanggan memungkinkan Anda melayani pelanggan dengan lebih baik dan membantu meningkatkan retensi pelanggan.
Tingkatkan citra perusahaan Anda: Situs eCommerce yang dikelola dengan baik, kuat dan mudah digunakan meningkatkan citra positif perusahaan.
Apakah Anda siap untuk eCommerce?
Sebelum Anda menerapkan rencana eCommerce, Anda perlu mencari tahu sebagai eksportir atau importir seberapa layak untuk Anda saat ini? Apakah Anda akan menerima manfaat yang disebutkan di atas? Apakah pelanggan dari berbagai lokasi geografis mendapatkan keuntungan dari saluran layanan baru Anda? Seberapa penting spesifikasi produk yang dijelaskan dengan baik untuk pelanggan Anda?
Setiap perusahaan seberapa kecil atau besarnya dari situs eCommerce tidak diragukan lagi akan sangat menguntungkan. Tapi pertanyaannya adalah, apakah Anda siap untuk melakukan cukup waktu dan uang untuk membuat usaha baru Anda berhasil?
Mengembangkan situs eCommerce Anda
Bergantung pada jenis situs eCommerce yang akan Anda bangun mungkin butuh waktu sekitar tiga bulan sampai lebih dari setahun.
Ada beberapa cara untuk memulai situs eCommerce.
Membangun rumah: Anda harus mempertimbangkan untuk mengembangkan situs eCommerce Anda di rumah hanya jika Anda memiliki pengalaman yang signifikan di bidang ini. Untuk membangun situs eCommerce yang sukses, Anda memerlukan tim ahli dalam pemrograman, merancang, menulis salinan, dan yang terpenting, manajer proyek dengan pengetahuan tentang model bisnis Anda, cukup kemampuan dan pengalaman teknis sehingga sistem dapat dikembangkan. tepat waktu dengan fungsi bisnis yang diharapkan.
Outsourcing: Tidak ada keraguan bahwa outsourcing lebih hemat biaya dan kurang memakan waktu sebagian besar perusahaan. Satu-satunya adalah Anda harus memilih organisasi yang akan membangun situs Anda dengan hati-hati dan profesional.
Menggunakan toko web: Jika Anda dibatasi oleh waktu atau ingin memanfaatkan eCommerce segera, Anda juga bisa mendapatkan situs eCommerce dari penyedia layanan online. Toko web ini memiliki semua fungsi yang dibutuhkan untuk situs eCommerce yang benar. Beberapa dari mereka juga mampu memberikan manajemen rantai pasokan dan kemampuan otomasi bisnis utama lainnya.
Saat menerapkan strategi eCommerce, Anda perlu mengingat bahwa eCommerce hanya meningkatkan dan melengkapi model bisnis Anda saat ini namun dasar-dasar bisnis Anda tetap sama. Namun, eCommerce dengan sifat fleksibel bawaannya dapat membuka cakrawala bisnis baru untuk Anda dengan semua implikasi risiko dan penghargaan.

Posting Komentar

0 Komentar